Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FIFA Hukum Empat Klub terkait Transfer Pemain

  • 30 Maret 2016 - 20:03 WIB

EMPAT klub, termasuk mantan juara Amerika Selatan San''tos dan juara bertahan Li'ga Europa Sevilla, didenda ka''rena melanggar peraturan FIFA terhadap pengaruh pihak ketiga.

Santos seba'gai klub Brasil di mana Pele menghabiskan nya'ris seluruh karier se'pak bolanya, didenda 75 ri'bu Franc Swiss, sedangkan Se'vil''la didenda 55 ribu Franc Swiss oleh komite disiplin FIFA.

Media Brasil melaporkan bah''wa Santos tengah diinves'ti''gasi terkait transfer Neymar ke Barcelona pada 2013, mes''ki FIFA belum dapat di'mintai keterangan untuk me'ngonfirmasi hal ini.

FIFA melalui situs resmi'nya me'nyatakan, Santos gagal mem'publikasikan infor'ma'si wa'jib pada database trans'fer dan gagal bekerja sa''ma dengan tim investigasi.

Klub-klub lain yang diskors adalah FC Twente dari Belan'da, yang didenda 185 ribu Franc Swiss, dan klub asal Belgia St Truiden, yang di'denda 50 ribu Franc Swiss.

Selain denda, Santos, FC Twente, dan St Truiden men'da''pat teguran dan peringat'an. Sedangkan Sevilla hanya mendapat peringat'an.

Pada semua kasus, FIFA me'ngatakan bahwa klub-klub itu didapati membuka ja'lan untuk kontrak-kontrak yang membuat pihak

ketiga dapat memengaruhi kemerdekaan klub pada urusan terkait pekerja dan hal-hal terkait trans'fer.

FIFA sendiri telah memper'ke'nalkan hu'ku'man terhadap pe'ngaruh pi'hak ketiga atas klub pa'da 2008.

Statuta FIFA menyatakan bah''wa tidak ada klub yang da''pat membuka kontrak yang membuat pihak keti'ga me'miliki pengaruh pada urusan terkait transfer. Klub harus memiiki kemerdekaan dan kebijakan sendiri.

Pada 2014, FIFA melangkah ma'ju dan mengumumkan bah'wa pihaknya akan menskors kepemilikan pihak ke'tiga (TPO), ketika transfer pa'ra pemain sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh pe'rusahaan bukan klub sang pemain.

(Ant/B-3)

Berita Terbaru