Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kader Anti Rabies Diberdayakan Untuk Berikan Vaksinasi Anjing

  • 04 April 2016 - 14:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Agar seluruh anjing di Desa Kerabu, Kecamatan Arut Utara kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bisa mendapatkan vaksin anti rabies, tim penangulangan rabies Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kobar memberdayakan masyarakat desa setempat.

Masyarakat desa itu jadi kader penanggulangan rabies yang tugasnya mengkoordinasikan masyarakat desa, melaporkan setiap peristiwa gigitan anjing kepada tim Distanak Kobar, serta memberikan vaksinasi terhadap anjing milik warga yang masih belum sempat disuntik.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Distanak Kobar Haryo Prabowo Senin (4/4/2016) dalam kunjungan ke Desa Kerabu, Sabtu (2/4/2016), sebanyak 34 anjing telah diberikan vaksinasi.

Selain itu pihaknya juga meningalkan 40 vials vaksin di rumah kader anti rabies di desa tersebut. 

"Warga Desa Kerabu yang menjadi kader kita adalah Bapak Pilem. Beliau selama ini memang intens berkomunikasi dengan kita. Karena itulah ia juga kita beri pengetahuan praktis berupa teknik melakukan vaksin kepada anjing," jelas Haryo.

Pasalnya, lanjut Haryo, bila harus menunggu tim penanggulangan rabies mengunjungi desa tersebut untuk memberikan vaksinasi anjing, maka pelayanan secara maksimal bakal susah untuk diberikan.

"Sebagai contoh saat kita mendatangi desa tersebut Sabtu (2/4/2016). Tim bisa sampai ke desa tersebut, pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Karena kondisi hujan yang mengguyur selama perjalanan. Dengan adanya kader kita di sana, diharapkan seluruh anjing bisa mendapatkan vaksin, lantaran si pemberi vaksin adalah warga desa setempat," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru