Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Tetap Pertahankan Tenaga Kontrak, Tetapi OPD Tak Boleh Rekrut Lagi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 08 Agustus 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengatakan akan pertahankan tenaga kontrak, tetapi organisasi perangkat daerah (OPD)  tak boleh merekrut tenaga kontrak lagi. 

"Alhamdulillah secara resmi surat edaran saya terima bahwa Menpan-RB mempersilahkan daerah untuk tetap memperpanjang tenaga kontrak sepanjang itu menjadi kebutuhan dan diharapkan tidak mengangkat yang baru lagi," kata Halikin, Selasa, 8 Agustus 2023.

Sebelumnya surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia tentang tenaga kontrak berdasarkan ketentuan bahwa tenaga kontrak berakhir pada bulan November 2023.

Dia mengatakan, dirinya membuat sebuah video masukan saran agar dapat mempertahankan tenaga kontrak. Karena kebutuhan tenaga kontrak khususnya guru dan tenaga kesehatan masih terbatas di Kotim.

"Artinya sesuai kebutuhan sepanjang menjadi kebutuhan dan tidak mengganggu keuangan daerah itu dipertahankan. Tapi saya ingatkan OPD jangan menambah tenaga kontrak lagi," tandasnya. 

Dia memprioritaskan untuk mempertahankan tenaga pendidikan dan kesehatan agar masyarakat tetap terlayani. Sedangkan tenaga kontrak di dinas dan kecamatan sepanjang itu dibutuhkan akan dipertahankan. 

"Kebutuhan itu akan melalui penilaian dan tes uji kompetensi. Jika dibutuhkan, misalnya operator yang tidak bisa ditangani orang lain kita pertahankan tapi kalau yang sifatnya hanya duduk-duduk lebih baik kita mengangkat TPP daripada menambah pegawai," tutupnya. (DEWI/J)

Berita Terbaru