Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PagelaranWayang KulitSebagai Bentuk Merawat Seni dan Budaya di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Agustus 2023 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sebagai bentuk upaya merawat seni dan budaya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau bersama komunitas Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo) menggelar hiburan wayang kulit semalam suntuk di Bundaran Rusa Nanga Bulik, Kamis malam, 17 Agustus 2023.

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana mengungkapkan, pagelaran wayang kulit dengan lakon ‘Asmoro Bumi’ yang didalangi Ki Warseno Slank dari Kota Solo, Jawa Tengah itu dalam rangka syukuran HUT ke-78 kemerdekaan RI dan penutupan bulan Muharram (Sura) 1445 Hijriah.

“Pagelaran wayang kulit malam ini merupakan bentuk keutuhan masyarakat Kabupaten Lamandau, meski berbeda adat dan budaya, namun tetap menjunjung tinggi persatuan,” ucapnya.

Selain memberikan sambutan pada kegiatan tersebut, Bupati Hendra sekaligus menonton hiburan wayang kulit yang digelar semalam suntuk. Dalam pegelaran tersebut juga menghadirkan sinden yang tengah naik daun, Rina Aditama dari Kota Pacitan, Jawa Timur.

“Kegiatan yang kita lakukan malam ini esensinya tidak hanya berkontribusi pada sektor budaya saja, namun juga akan berefek pada ekonomi masyarakatnya,” kata Bupati.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu mengaku, pihaknya akan selalu mendukung kegiatan seni, budaya, dan semua bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan, begitupun upaya pelestariannya sehingga seni dan budaya warisan nenek moyang lebih dikenal serta terus eksis di tengah masyarakat.

Dijelaskan Bupati,  United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyebut Indonesia sebagai negara adidaya kebudayaan. Menurutnya, Indonesia memang layak mendapatkan julukan tersebut, karena ragam budaya dan keseniannya yang melimpah ruah.

“Kita mesti merawat dan melestarikan Budaya sebagai salah satu potensi yang dimiliki oleh bangsa kita,” tandasnya.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru