Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Edukasi Masif Soal Pembakaran Sampah

  • Oleh Hendri
  • 24 Agustus 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendorong pemerintah memasifkan sosialisasi mengenai aktivitas pembakaran sampah yang menjadi salah satu penyebab polusi udara.

Hal ini menyusul memburuknya kualitas udara belakangan ini akibat kebakaran hutan dan lahan ditambah gas buang dari kendaraan bermotor serta pembakaran sampah.

"Pembakaran sampah yang dilakukan masyarakat juga turut berkontribusi terhadap penyebab buruknya kualitas udara. Bukan hanya Karhutla saja penyebabnya," katanya, Kamis, 24 Agustus 2023.

Karena itu ia mendorong pemerintah daerah melakukan edukasi secara masif mengingat masih banyak warga yang kerap melakukan pembakaran sampah terbuka atau ilegal.

"Pemko harus bisa memberikan edukasi mengenai dampak dari membakar sampah secara sembarangan,” tuturnya.

Politisi PDIP itu menilai, sosialisasi yang masif sama pentingnya dengan penerapan sanksi. Sebab tujuan utama dari pemberlakuan sanksi adalah untuk mengubah perilaku yang tidak baik.

“Kalau tanpa kesadaran yang dibarengi dengan pemahaman yang benar, orang hanya akan mengubah perilakunya secara sementara. Jadi penting sekali edukasi dan sosialisasi tentang dampak dari pembakaran sampah ini," pungkasnya. (HENDRI/J)

Berita Terbaru