Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selamatkan dari Ancaman Karhutla Pengelolaan Taharu Penting

  • Oleh Marini
  • 01 September 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sengkon memberikan masukan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota diwilayah Kalteng agar dapat mengelola taman hutan raya (Tahura) sebaik-baiknya, terutama saat ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini.

Dia mengatakan, Tahura merupakan salah satu potensi wisata yang bisa memberikan dampak positif terhadap daerah dari segi pendapatan asli daerah (PAD). 

"Sehingga Taharu ini sangat penting untuk diperhatikan," ucapnya, Jumat 1 September 2023.

Dirinya mencontohkan salah satu Taharu di Kalteng yang sering jadi destinasi wisata yaitu Lapak Jaru yang berada di Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Ia mengharapkan adanya pengelolaan yang benar-benar dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, agar memberikan dampak yang positif bagi daerah maupun masyarakat.

"Tahura Lapak Jaru dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) Kabupaten Gumas," bebernya.

Dirinya mengharapkan, keterlibatan perangkat daerah serta stakeholder terkait untuk bersama-sama melakukan perencanaan pembangunan serta pengelolaan kawasan konservasi Tahura.

"Saat ini kita sedang menghadapi musim kemarau, dan rawan terjadinya Karhutla. Pengelolaan ini penting untuk menyelamatkan Taharu dari ancaman Karhutla. Serta tetap menjaga keasliannya," tandasnya. (MARINI/J)

Berita Terbaru