Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menurunnya Permukaan Air Sungai Arut Belum Pengaruhi Suplai Air Perumdam Tirta Arut

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 September 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski sempat terjadi penurunan debit air di Sungai Arut akibat pengaruh musim kemarau, hal tersebut belum berpengaruh pada produksi air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Direktur Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun, Sapriansyah, Senin, 18 September 2023 mengatakan, di beberapa jam tertentu saat terjadi pasang laut dalam kurun waktu yang singkat, kondisinya juga sempat membuat air baku PDAM mulai terasa payau.

"Alhamdulillah, beberapa hari ini Pangkalan Bun dan sekitarnya diguyur hujan yang lumayan deras dan memicu peningkatan tinggi muka air Sungai Arut," kata Sapriansyah.

Menurut Sapriansyah, ketinggian muka air Sungai Arut saat ini masih berada di ambang batas normal. "Kami masih bisa memproduksi air baku dengan kapasitas 150 liter per detik hingga ke pengolahan dan bersihnya 140 liter per detik yang didistribusikan ke masyarakat,"

"Kemudian per 3 bulan sekali, kami juga melakukan evaluasi guna mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi saat kemarau.  Sehingga 10 PAM unit di beberapa wilayah hingga saat ini masih beroperasi secara normal," jelas Sapriansyah..

Sapriansyah melanjutkan, karena kondisi penurunan air Sungai Arut yang merupakan salah satu sumber suplai air baku sudah diprediksi sejak beberapa waktu lalu, sehingga pihaknya melakukan tindakan antisipasi dengan mengoptimalkan sumber air bersih lainnya.

"Beberapa waktu lalu, sumber air baku di Desa Kumpai Batu Atas dan Desa Kubu sudah dilakukan normalisasi seperti pendalaman dan pelebaran  serta penjagaan hutan di sekitar sumber air. Hal ini bertujuan agar selama kemarau sumber air tersebut bisa tetap menghasilkan air baku untuk diolah dan disalurkan pada pelanggan air bersih," jelas Sapriansyah. (WAHYU KRIDA/Y) 

Berita Terbaru