Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Pariwisata Haruslah Berkelanjutan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 03 Oktober 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten I Setda Gumas Lurand mengatakan bahwa pembangunan pariwisata haruslah berkelanjutan.

"Pembangunan pariwisata hakekatnya harus berkelanjutan di mana pembangunan dapat didukung secara ekologis sekaligus layakbsecara ekonomi juga adil secara etika sosial terhadap masyarakat," ujarnya, Selasa, 3 Oktober 2023.

Dia melanjutkan, bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan upaya terpadu dan terorganisasi untuk membangun kualitas hidup dengan cara mengatur penyediaan, pengembangan, pemanfaatan dan pemeliharaan sumber daya secara berkelanjutan.

Kemudian, dengan telah ditetapkannya perarturan daerah Kabupaten Gunung Mas nomor 1 tahun 2023 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan tahun 2023-2037 dan perda nomor 6 tahun 2022 tentang kearifan lokal dan kebudayaan daerah maka dapat dipastikan pembangunan kepariwisataan dan pembangunan tradisi di Kabupaten Gunung Mas semakin terarah.

Lalu, kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunung Mas hari ini merupakan salah satu implementasi dua perda tersebut.

"Pemerintah sebagai satu pemangku kepentingan di dalam kepariwisataan dituntut dapat bekerja sama dengan pihak swasta serta merangkul masyarakat yang juga memiliki peran dan tanggun jawab untuk bersama-sama mendorong, keberhasilan pengembangan kepariwisataan di wilayahnya," paparnya. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru