Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Kasus Bangkal, Dewan Kalteng Sebut Harus Ada Langkah Komprehensif

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Oktober 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Memanasnya konflik antara masyarakat dan PT Hamparan Masawit Bangun Persada (HMBP) di Desa Bangkal, Kabupaten Seruyan menuai keprihatinan semua pihak termasuk anggota DPRD Kalteng.

Konflik pun pecah antara pihak keamanan yang ditugaskan mengamankan area perusahaan tersebut dengan masyarakat yang menuntut haknya hingga terjadi peristiwa nahas, di mana salah satu warga meninggal dunia tertembak peluru tajam.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono menyebut atas kejadian itu maka harus segera diambil langkah-langkah komprehensif dari semua unsur baik Gubernur, Forkopimda, DPRD Kalteng serta Bupati dan jajaran tekait di Kabupaten Seruyan.

"Semua pihak harus dilibatkan dalam membahas masalah ini untuk mencari jalan penyelesaian yang terbaik, konflik berkepanjangan tentu akan dapat merugikan bagi semuanya, terlebih lagi sampai ada nyawa melayang ini sangat memprihatinkan," katanya, Minggu, 8 Oktober 2023.

Melihat kasus yang tidak ditemukan ujung penyelesaiannya, mantan Bupati Seruyan ini menyarankan agar Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menjadi nahkoda untuk menyelesaikan masalah tersebut, sehingga tidak semakin berkepanjangan.

"Sekali lagi harus segera diambil langkah dengan cepat. Sebaiknya Gubernur Kalteng yang menjadi nahkoda penyelesaian kasus ini, jangan sampai menunggu ada konflik lagi. Apalagi sudah ada yang meninggal dunia, jangan lagi itu terulang kembali," tegasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru