Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebuah Perusahaan Diduga Lakukan Illegal Mining, Warga Kubu Khawatir Dampaknya terhadap Alam

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Oktober 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dugaan praktik illegal mining yang dilakukan oleh sebuah perusahaan tambang di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), menjadi perhatian masyarakat.

Puluhan masyarakat Desa Kubu mendatangi dan melihat langsung lokasi tempat perusahaan itu melakukan pekerjaan penimbunan dengan menyedot pasir di muara Sungai Kumai. Tampak di lokasi terdapat 2 unit ponton apung lengkap dengan mesin sedot dan pipa-pipa, serta ada satu unit alat berat excavator.

"Kami warga Kubu keberatan, karena penggalian seperti ini pasti akan berdampak pada alam atau erosi," kata M Juni (40) usai melihat lokasi penambangan bersama warga lainnya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Kemudian, akibat dari dampak alam yang ditimbulkan, maka merembet ke nelayan. Pasalnya, aktivitas penambangan telah merusak habitat ikan dan kepiting, menyebabkan erosi dan mengganggu mata pencaharian nelayan setempat.

"Penggalian pasir laut. Dampaknya sangat besar untuk kami yang berprofesi sebagai nelayan," tuturnya.

Juni menceritakan bahwa kegiatan penambangan pasir laut itu sudah berlangsung selama 1 tahun terakhir. Pasir laut hasil penambangan itu lalu digunakan pihak perusahaan untuk menimbun pelabuhan.

"Harapan kami untuk ini (penambangan pasir laut) ditiadakan atau dihentikan. Kami minta pemerintah dan aparat penegak hukum bisa bertindak," tutur dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Kubu Safrudin membenarkan keberatan yang disampaikan warganya. Sebab, lokasi tambang pasir laut merupakan tempat nelayan biasa menangkap ikan.

"Bisa jadi mengganggu, karena di lautnya itu tempat nelayan pasang jaring," ucap Safrudin.

Kades Kubu menjelaskan hingga saat ini pemerintah desa belum pernah menerima tembusan izin penambangan pasir laut yang dilakukan pihak perusahan.

Berita Terbaru