Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

H Abdul Rasyid AS Sampaikan Kendala Pertumbuhan Dunia Usaha dan Industri di Kalteng Kepada Wapres RI

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Oktober 2023 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Beberapa hal yang masih menjadi kendala dalam pertumbuhan dunia usaha atau industri di Provinsi Kalteng, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) disampaikan Owner Citra Borneo Indah (CBI) Group H Abdul Rasyid AS di hadapan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin, Rabu, 25 Oktober 2023.

Beberapa hal tersebut, menurut H Abdul Rasyid AS diantaranya adalah masih belum optimalnya keberadaan infrastruktur pendukung dan penunjang industri.

"Hari ini kita semua berada di tempat ini untuk meresmikan Hotel Mercure Pangkalan Bun, gedung perkantoran Abdul Rasyid Tower dan proyek industri yang berada di kawasan PT. Surya Borneo Industri (SBI) di Tempenek, Kecamatan  Kumai. Proyek yang cukup lama kita cita-citakan untuk dibangun di kampung halaman saya  ini," jelas H Abdul Rasyid AS.

Menurut H Abdul Rasyid AS, karena beberapa proyek Citra Borneo Indah (CBI) Group yang lainnya berada di pedalaman, bisa dikatakan secara ekonomis sebenarnya tidak begitu cocok.

"Kenapa Karena keberadaan infrastruktur pelabuhan kontainer yang masih belum memadai untuk disinggahi kapal kontainer ukuran besar, maka kita mengandalkan kapal tongkang menuju ke kapal besar tersebut," jelas H Abdul Rasyid AS.

H Abdul Rasyid AS berharap, Wapres RI bisa mengangkat masalah ini ke tingkat lusat untuk dicarikan solusinya.

"Sehingga berbagai daerah di Provinsi Kalteng dan khususnya Kabupaten Kobar mendapatkan berbagai  kemudahan dab prioritas untuk mendapatkan infrastruktur yang memadai," jelas H.Abdul Rasyid AS.

Karena, menurut H. Abdul Rasyid AS, di Kabupaten  Kobar industri andalannya adalah perkebunan kelapa sawit.

"Tetapi untuk masalah pengolahan produk turunannya hampir 60% berada di luar Kalteng. Hal ini lantaran berbagai kota seperti Surabaya Semarang dan Jakarta  sudah memiliki pelabuhan yang memadai," jelas H. Abdul Rasyid AS.

Menurut H. Abdul Rasyid AS,  seandainya pelabuhan di Kabupaten Kobar juga sudah memadai, ia yakin Kabupaten Kobar bakal menjadi kota industri yang maju.

Berita Terbaru