Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Keang 2 di Barito Timur Segera Digelar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 November 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Festival Keang 2 di Kabupaten Barito Timur akan digelar pada 25-26 November 2023. Kegiatan selama dua hari itu berlokasi di Taman Nansarunai Tamiang Layang.

Koordinator Seksi Acara Festival Keang 2 Wunge Putri Ngindra mengatakan, festival akan diisi dengan lomba band etnik, lomba cover dance etnik, festival kuliner daerah, pagelaran tari daerah, pagelaran musik daerah, pementasan sendratari dan penayangan film dokumenter.

"Rencana pembukaan pada tanggal 25 November jam 4 sore, tapi sejak pagi sudah ada ada rangkaian acara," ujarnya di Tamiang Layang, Kamis, 2 November 2023.

Sementara itu Ketua Sanggar Komandan Tamiang Layang, Alfirdaus yang diwawancarai terpisah menjelaskan, Festival Keang adalah sebuah even yang mengemas unsur kebudayaan daerah dalam aksi seni kekinian sekaligus menjadi ruang ekspresi karya pelaku seni.

"Keang dipilih sebagai tajuk utama dalam pelaksanaan even ini tentu memiliki tujuan dan makna yg besar. Keang adalah kulit kayu yang banyak tumbuh di hutan belantara Kalimantan, Keang dulunya memiliki peran penting dalam peradaban Suku Dayak karena salah satu manfaat Keang yaitu untuk menutupi aurat atau menjadi pakaian bahkan peralatan penunjang kehidupan lainnya," paparnya.

Menurut Alfirdaus, penggunaan tajuk Keang pada festival ini membawa pesan penting karena proses pengolahan Keang agar menjadi produk yang lebih bermanfaat melewati proses yang tidak mudah.

"Demikian juga halnya bagi pelaku seni, tentu melewati proses yang panjang dan tidak mudah sampai akhirnya mampu menghasilkan sebuah karya seni yang berkualitas," katanya membuat perbandingan.

Pelaku seni dan karyanya, lanjut Alfirdaus, kadang kurang mendapatkan penghargaan dari orang yang tidak peduli, namun orang tersebut tetap ingin menikmati dan menggunakan jasa dan karya dari pelaku seni yang ada, serupa dengan Keang yang dulu keberadaannya memiliki peran yang penting dalam peradaban Suku Dayak tapi kini seolah perlahan menghilang dan terlupakan.

"Even ini akan menjadi wadah bagi para pelaku seni dalam mengekspresikan karya sekaligus menjadi momentum untuk mengingatkan pentingnya menjaga warisan nenek moyang kita," ulangnya.

Alfirdaus mengungkapkan, terselenggaranya Festival Keang 2 tidak lepas dari dukungan penuh Pemprov Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng yeng mempercayakan Sanggar Komandan sebagai penerima hibah anggaran dan pelaksana kegiatan serta pihak lain yang memberikan bantuan  materil tenaga dan pemikiran.

Berita Terbaru