Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelarian Napi Kabur Terungkap Berkat 'Nyanyian' Anak Kecil

  • 24 April 2016 - 19:53 WIB

DUA narapidana yang kabur dari LP Klas IIb Sampit berhasil dibekuk di kampung halamannya, Desa Persil Raya, Kabupaten Seruyan. Dua napi itu bernama Agus Bambang, dan Anang.

Pelarian kedua napi itu  semenjak kabur dari LP  Sampit pada Minggu (3/4/2016) dinihari lalu, sebenarnya sudah diketahui sebagian warga desa setempat. 

Bahkan warga mengakui, kedua napi tersebut sering terlihat keluyuran di desa saat malam hari. Sementara siangnya mereka tak berani menampakan diri secara terang-terangan.

'Beberapa hari sebelum ditangkap, Agus dan Anang bersantai di tepi jalan dekat Kantor PDAM Pembuang. Keduanya sedang menengak minuman keras,' kata seorang warga Sungai Mitak Desa Persil Raya yang meminta namanya tidak ingin dikorankan, Minggu (24/4/2016).

Warga itu mengungkapkan, meskipun sering mendapati keduanya keluyuran di desa, namun warga kerap bersikap cuek. Bahkan tidak ada yang berani melaporkan keberadaan keduanya ke kepolisian.

'Saya sudah lama tahu ada warga desa kami kabur dari tahanan dan kemudian terlihat keluyuran di desa malam hari. Tapi kami takut menyampaikan informasi ke petugas. Alasannya, takut jika informasi yang disampaikan ke petugas itu lantas diketahui pelaku buron. Kami takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau dialami keluarga kami disini. Ya, siapa tau, pelaku marah dan kekhawatiran lainnya,' tuturnya.

Warga Sungai Mitak lain menambahkan, petugas lapas ke desa berupaya mengorek informasi mengenai napi kabur dari anak kecil.

'Maklumlah, anak-anak tidak tahu apa-apa, jelas saat ada orang yang menanyakan pasti memberitahu. Dengan jawaban yang polos apa adanya, mengatakan ada melihat orang yang dicari,' tutur warga itu.

Berita Terbaru