Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Palangka Raya Berhasil Produksi Aneka Kerajinan Tangan dari Getah Nyatu

  • Oleh Pathur Rahman
  • 26 April 2024 - 23:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya telah berhasil mengisi waktu mereka dengan memproduksi aneka kerajinan tangan bernilai tinggi.

Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya Bambang Widiyanto, melalui Kepala Subseksi Bimbingan Kerja, Daniel Kristianto, menyatakan bahwa WBP telah mendapatkan pelatihan keterampilan kerja yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada mereka ketika kembali ke masyarakat.

"Hal ini diharapkan dapat membantu mereka menciptakan lapangan pekerjaan dan menghindari perbuatan melanggar hukum di masa mendatang," katanya, Jumat, 26 April 2024.

Berbagai produk kerajinan tangan yang dibuat oleh WBP di Rutan Palangka Raya menggunakan bahan Getah Nyatu.

Beberapa contoh produk tersebut antara lain gantungan kunci, replika kapal, replika prajurit Dayak, miniatur kartun, serta kerajinan lainnya. Kerajinan Getah Nyatu ini merupakan salah satu kekayaan budaya dan kearifan lokal yang sangat populer sebagai oleh-oleh atau buah tangan khas Kalimantan Tengah.

Daniel Kristianto menyatakan bahwa hasil karya WBP ini akan terus ditingkatkan agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi WBP di dalam Rutan, hasil kerajinan tersebut juga dapat berguna bagi mereka ketika bebas nanti. WBP dapat membangun usaha kerajinan tangan secara mandiri di luar Rutan.

"Dengan adanya pelatihan keterampilan kerja dan produksi kerajinan tangan ini, diharapkan WBP di Rutan Palangka Raya dapat memperoleh keterampilan baru yang dapat mereka terapkan di masa depan," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru