Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap Selimuti Kuala Kapuas, Diduga Kiriman dari Kabupaten Tetangga

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 November 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kabut asap tiba-tiba muncul sejak pagi hari hingga menyelimuti wilayah Kota Kuala Kapuas dan sekitarnya, Jumat, 10 November 2023.

Diduga kabut asap yang cukup tebal tersebut merupakan kiriman dari wilayah kabupaten tetangga, akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kemungkinan kabut asap itu merupakan kiriman karena saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga menyebutkan wilayah Kabupaten Kapuas sementara ini belum ada laporan kejadian karhutla.

"Kita di masing masing 17 kecamatan maupun desa/kelurahan tidak ada yang melaporkan kebakaran hutan dan lahan lagi," kata Panahatan Sinaga saat ditemui di kantor Bappelitbangda Kapuas, Jumat.

Dia juga menyebutkan sudah memonitor melalui Tim Pusdalops. "Saya sudah dikirimi titik hotspot yang saat ini masih berasap, tapi bukan di wilayah kita. Tapi, saya perintah lagi tadi agar mereka cek kembali," sebutnya. 

Sinaga juga menyebutkan ada dikirim atau menerima data titik koordinat, lengkap dengan fotonya yang ada asapnya kemarin sore di wilayah tetangga.

"Kemungkinan ini. Tapi teman teman masih juga saat ini cari informasi lapangan lagi," ucapnya dan enggan menyebutkan daerah tetangga yang dimaksud.

Atas kondisi ini juga mengagetkan warga Kota Kuala Kapuas, terutamanya yang beraktivitas di pagi hari. "Iya kaget juga tadi pagi tiba tiba kabut asap tebal ada dan berbau cukup menyengat," ucap Juni salah satu warga. (DODI/H)

Berita Terbaru