Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gadget Turunkan Minat Baca Buku di Kotawaringin Timur

  • Oleh M. Rifqi
  • 30 April 2016 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Semakin murahnya koneksi Internet maupun banyaknya pengguna telepon genggam gadget berbasis Android dan sejenisnya ternyata mempengaruhi minat baca masyarakat.

Kepala Seksi Perpustakaan pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Ermina Zainah, mengatakan berkembangnya teknologi ternyata membawa dampak positif dan negatif. Akses informasi yang semakin mudah didapat secara online membuat banyak orang malas membaca koran, majalah, atau buku konvensional.

'Bukan hanya usia dewasa, anak-anak juga. Sekarang mulai dari anak usia TK dan SD yang seharusnya banyak bibit buat suka baca malah suka main gadget,' kata dia, Sabtu (30/4/2016).

Menurut dia, secara umum kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membaca dan menulis memang masih terbilang sangat rendah. Di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) saja, Indonesia menempati urutan ketiga terbawah di kawasan ASEAN, atau berada di atas Kamboja dan Laos.

Berdasarkan indeks nasional, tingkat minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01. Sedangkan rata-data indeks tingkat membaca di negara-negara maju berkisar antara 0,45 hingga 0,62.

Menurunnya tingkat membaca juga tampak dari jumlah kunjungan masyarakat di Kantor perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kotim. Zainab menyebutkan, dalam sehari pe'ngunjung yang datang hanya berkisar 20 orang-30 orang. Bahkan terkadang jumlah tersebut bisa lebih menurun lagi. Padahal, beberapa tahun lalu sehari bisa mencapai 50 pengunjung.

'Biasanya yang datang ke perpustakaan pelajar dan mahasiswa yang hendak menyusun tugas akhir namun saat ini sudah jarang mereka datang ke tempat ini. Kemungkinan sekarang cukup browsing melalui gadget,' tutur dia.

Meskipun demikian, lanjut Zainab, pihaknya tetap berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Seperti dengan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah, mengerahkan dua unit mobil keliling pada hari libur di tempat-tempat publik yang ramai dikunjungi, yakni di Taman Kota dan Stadion 29 November Sampit. (RIFQI/m)

Berita Terbaru