Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kotim Konvoi dan Bunyikan Sirine Serentak

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 26 April 2024 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar konvoi dan menyalakan sirine pukul 10.00 WIB serentak dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana.

"Hari ini kita parade konvoi yang puncaknya ada di gerbang Selamat datang di Jalan Tjilik Riwut, Sampit. Kita bunyikan sirine di sini serentak," kata Kepala BPBD Kotim Multazam melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan Bambang Supiansyah, Jumat, 26 April 2024.

Konvoi melibatkan Damkar, Basarnas, Satpol PP, Redkar Ketapu, Dompet Peduli, PMI, Dinas Kesehatan, Satlantas dengan total armada 21 mobil dan 6 motor trail.

Adapun konvoi dimulai dari kantor BPBD Kotim di Jalan Jenderal Sudirman kemudian melalui rite Jalan A Yani, Pelabuhan Sampit, Jalan Usman Harun, Jalan Muchran Ali, Jalan Semekto, Jalan Tjilik Riwut, Jalan Pramuka dan kembali ke Kantor BPBD.

"Membunyikan sirine artinya tanda sebagai bahwa kita semua siap untuk menghadapi bencana," ujarnya. 

Konvoi tersebut sekaligus menyosialisasikan bahwa kesiapsiagaan bencana merupakan kewajiban seluruh lapisan masyarakat.

"Konvoi ini menginformasikan kepada masyarakat kalau BPBD itu siap menghadapi bencana. Walapun bencana itu tidak kita kehendaki, tapi bisa muncul kapan saja. Makanya kita harus siap baik personel, peralatan kita upayakan siap menghadapi itu," imbuhnya.

Tanggal 26 April diperingati sebagai hari kesiapsiagaan bencana setiap tahun karena bertepan terbitnya UU nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Tahun ini tema yang diangkat yaitu siap untuk selamat dengan subtema Indonesia tangguh, Indonesia Hebat. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru