Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada 3 Wilayah di Jalan Trans Kalimantan ini Rawan Longsor

  • Oleh Marini
  • 23 Desember 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng Shalahuddin mengatakan,  longsor juga rawan terjadi di jalan trans Kalimantan. 

Daerah rawan longsor tersebut yakni arah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) hingga Kabupaten Murung Raya (Mura), bahkan sampai ke perbatasan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Secara umum, katanya tanah longsor kerap terjadi ketika cuaca hujan akibat air dengan cepat terakumulasi di dalam tanah dan mengakibatkan gelombang batuan, maupun tanah. Daerah bukit menjadi ciri-ciri sering terjadi longsor.

"Hampir seluruhnya jalan trans Kalimantan di provinsi ini sudah dalam kondisi operasional atau dapat dilalui oleh kendaraan. Namun, tetap hati-hati dan waspada terlebih lagi kondisi cuaca kita kerap kali diguyur hujan," katanya, Jumat, 22 Desember 2023.

Dirinya juga mengingatkan, agar para pemudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu waspada dalam berkendara. Pihaknya juga telah melakukan pemetaan wilayah, untuk dilaksanakan posko yang memfasilitasi alat berat untuk membantu masyarakat saat dibutuhkan.

"Hadirnya 40 Posko di Kabupaten/Kota tersebar di Kalteng ini, kami siapkan terutama diwilayah yang rawan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan kami bergerak cepat dan sigap membantu," ungkapnya. 

Ia juga memberitahukan, untuk jalan Trans Kalimantan dalam memantau arus mudik berkoordinasi dan bekerja dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng, BPBD Provinsi Kalteng, dan pihak terkait lainnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru