Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengadilan Negeri Sampit Optimalkan Layanan di Pelosok Dengan Sidang Keliling

  • Oleh ANTARA
  • 03 Januari 2024 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pengadilan Negeri Sampit melaksanakan program sidang di luar gedung pengadilan atau sidang keliling untuk membantu sekaligus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di kawasan pelosok.

"Masyarakat sangat terbantu karena kalau mereka yang harus datang mengikuti sidang ke PN Sampit harus mengeluarkan biaya yang besar dan waktu lama. Makanya program ini juga akan terus dijalankan dan ditingkatkan pada 2024," kata kata Ketua PN Sampit melalui juru bicara Firdaus Shodiqin di Sampit, Selasa, 2 Januari 2024.

Sidang di luar gedung pengadilan bertujuan membantu masyarakat yang aksesnya terbatas untuk mendapatkan pelayanan hukum.

Sejauh ini, lanjutnya, sidang keliling ini paling diminati di pelosok Seruyan karena letaknya memang lebih jauh dari kantor PN Sampit.

Pada 2023, kata dia, target perkara yang ditangani melalui sidang keliling sebanyak 28 perkara, namun realisasinya mencapai 32 perkara dan umumnya terkait perkara perdata seperti kekeliruan nama atau perbaikan nama pada akta kelahiran. Selain itu ada juga dispensasi perkawinan bagi pernikahan di bawah umur.

Ia mengatakan belum lama ini sidang keliling dilaksanakan di Tumbang Manjul, Kabupaten Seruyan.

Menurutnya, warga sangat senang mendapat kesempatan mengikuti sidang keliling. Jika warga yang datang mengikuti sidang di kantor PN Sampit di Sampit, warga harus mengeluarkan biaya hingga Rp6 juta untuk biaya transportasi, penginapan, konsumsi, hingga membawa saksi saat sidang.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, jajaran PN Sampit turun selama dua hari karena lokasinya cukup jauh dari Sampit sehingga harus menginap. Kegiatan juga melibatkan instansi terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sehingga semua bisa diselesaikan dalam satu hari.

"Ini one day service yaitu hari itu sidang dan diupayakan semuanya keluar hari itu juga. Kami juga berterima kasih karena aparat pemerintah setempat menyambut baik dan mendukung program ini karena kita sama-sama membantu masyarakat," ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan PN Sampit berkomitmen terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan sumber daya manusia yang tersedia saat ini, kata dia, pelayanan terus diupayakan optimal demi membantu masyarakat.

ANTARA

Berita Terbaru