Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Kalteng Bekali Tim Pemantau Independen Pemilu UMPR

  • Oleh ANTARA
  • 12 Januari 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan pembekalan terhadap anggota tim Relawan Sadar Politik (RSP) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) selaku pemantau independen Pemilu 2024.

"Bawaslu Kalteng memberikan pelatihan dan pembekalan kepada anggota tim RSP UMPR selaku salah satu pemantau independen pada Pemilu 2024 di wilayah Kalimantan Tengah," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Bawaslu Kalteng Siti Wahidah di Palangka Raya, Kamis.

Relawan Sadar Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya ini beranggotakan 40 orang yang telah terdaftar dan terakreditasi dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah, tim RSP sebagai Pemantau Pemilu yang sah. Ini sesuai ketentuan peraturan perundangan sebagaimana ketentuan UU Nomor 7 tahun 2017 dan Perbawaslu Nomor 1 tahun 2023.

Pembekalan yang diberikan dalam hal ini berupa, hak dan kewajiban pemantau, larangan serta kode etik sebagai pemantau pemilu. Tim RSP bertugas memantau titik kerawanan atau pelanggaran pemilu serta cara dan kiat dalam melakukan pemantauan pada tahapan pemilu serentak tahun 2024.

Tim RSP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya nantinya akan lebih fokus pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada (14/2).

"Kita juga harus tau bahwa salah satu lembaga yang bisa melaporkan dugaan pelanggaran yang terjadi pada tahapan pemilu adalah pemantau yang sudah diakreditasi," kata Siti Wahidah.

Baca juga: Berikut sejumlah target program Dinas ESDM Kalteng pada 2024

Di samping itu, ada pengawasan yang melibatkan unsur-unsur masyarakat sipil seperti ormas, media massa, perguruan tinggi, dan organisasi masyarakat sipil lainnya.

Hal ini dilakukan karena masyarakat merupakan stakeholders terbesar dan sangat penting untuk dilibatkan.

Jadi kemungkinan besar keberadaan relawan tetap diperhitungkan dalam pelaksanaan pemilu.

Dekan Fisipol UMPR Dr Irwani, menambahkan bahwa TIM RSP yang dibentuk itu di bawah Naungan Laboratorium Politik dan Kebijakan Publik Fisipol UMPR.

"Bertujuan untuk melibatkan mahasiswa dalam kontestasi pemilu tahun 2024 agar mahasiswa dapat memahami bagaimana dinamika dalam konstelasi politik, selain itu juga agar mahasiswa memperoleh pengalaman yang sangat berharga," katanya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Politik dan Kebijakan Publik sekaligus koordinator tim RSP UMPR, Sadar, MIP berharap bahwa Tim RSP dapat memberikan kontribusi pada pemilu tahun 2024.

"Sehingga menjadi pemilu yang berintegritas, jujur dan adil," kata Sadar.

ANTARA

Berita Terbaru