Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kobar Minta Dinas Terkait Segera Tangani Bahu Jalan Terkikis Banjis

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Januari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Barat, meminta agar dinas terkait melakukan penanganan terhadap bahu jalan yang terkikis banjir.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin. Pasalnya, ada jalan penghubung antardesa di Desa Sungai Rangit Jaya, Kecamatan Pangkalan Lada, perlu mendapat penanganan segera karena bahu jalan terkikis banjir.

"Jadi, pascahujan deras dan banjir melanda Kobar, kondisi jalan yang baru di aspal tersebut perlu mendapat penangan segera. Karena latrit sisi jalan tergerus, sehingga aspalnya menggantung, atau berongga. Kalau dibiarkan ini bisa ambrol dan jalan rusak, saya injak saja rapuh apalagi pakai mobil," kata Tuslam Amirudin, Sabtu, 13 Januari 2024.

Penanganan yang perlu dilakukan yakni, pembangunan bahu jalan. Jadi, perlu dilakukan penambahan latrit agar aspal yang baru selesai dibangun di tahun 2023 ini tidak rusak.

Tuslam menjelaskan, bahwa pembangunan atau pengaspalan jalan penghubung antar desa di Desa Sungai Rangit Jaya tersebut, merupakan menggunakan anggaran dana bagi hasil (DBH) sawit yang diterima Pemkab Kobar pada tahun 2023.


"Dana bagi hasil sawit ini, Kobar mendapat dana sebesar Rp 28 miliar, salah satunya untuk membangun jalan di Sungai Rangit Jaya tersebut," ungkapnya.

Dari hasil monitoringnya, ada beberapa hal yang perlu evaluasi terkait pembangunan jalan tersebut. Seperti perlu dilakukan pembangunan bahu jalan. Kemudian aspalnha harus disiramkan sampai ke sisi, serta perhatikan kualitas tanah latrit atau timbunannya.

"Jadi, evaluasi terhadap pekerjaan itu sebenarnya, satu mungkin kemarin waktu pembangunan memang belum ada bahu jalan gitu, kemudian juga aspalnya hanya di atas tidak disiram sampai ke sisi. Kita tidak tau juga apakah kualitas latritnya kurang baik. Mengingat jalan tersebut juga digunakan lalu lintas kendaraan perusahaan," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru