Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Ahli Survei Lokasi Pembangunan Jembatan Gantung di Rakumpit

  • Oleh Hendri
  • 17 Januari 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, akan segera menikmati kemudahan akses antara Kelurahan Mungku Baru dan Kelurahan Bukit Sua.

Pasalnya, pemerintah kota bersama dengan pemerintah pusat berencana membangun jembatan gantung yang akan menghubungkan kedua kelurahan tersebut.

Jembatan ini akan dibangun dengan panjang 50 meter menggunakan dana APBN/DAK dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Kalimantan Tengah.

Rencana pembangunan jembatan gantung ini telah disurvei oleh tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palangka Raya, Rabu, 17 Januari 2024.

Kepala Bappedalitbang Palangka Raya, Fauzi Rahman mengatakan, jembatan gantung ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah kota untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Rakumpit.

"Jembatan gantung ini akan mempermudah mobilitas warga, baik untuk keperluan sosial, ekonomi, maupun pendidikan. Selama ini, warga harus menyeberang sungai dengan perahu," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Palangka Raya, Arbert Tombak menambahkan, jembatan gantung ini akan dibangun dengan standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

"Jembatan gantung ini akan menggunakan bahan baja yang kuat dan tahan karat, serta dilengkapi dengan lampu penerangan dan pagar pengaman. Kami juga akan melakukan pemeliharaan rutin untuk menjaga kondisi jembatan agar tetap baik dan layak pakai," jelasnya.

Menurut rencana, pembangunan jembatan gantung ini akan dimulai pada Februari 2024. Diharapkan, dengan adanya jembatan gantung ini, warga Rakumpit dapat merasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan memajukan daerahnya. (HENDRI/j)

Berita Terbaru