Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jembatan Diharapkan dapat Memajukan Masyarakat Tualan Hulu

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 Januari 2024 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor berharap pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Merah dengan Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu dapat memajukan kehidupan masyarakat setempat.

"Jembatan yang kita resmikan hari ini bukan hanya sebagai sarana transportasi, melainkan sebagai jalur penghubung yang menghubungkan impian, peluang, dan kemajuan bagi masyarakat Kecamatan Tualan Hulu," kata Halikinnor, Kamis,18 Januari 2024.

Jembatan yang dibangun di atas Sungai Bae tersebut dapat mempersingkat perjalanan masyarakat menuju ibukota kecamatan maupun ibukota kabupaten. Karena sebelumnya masyarakat harus memutar jalan selama 1,5 hingga 2 jam. Sekarang hanya ditempuh kurang lebih 20-30 menit.

Dengan terbangunya jembatan tersebut jarak tempuhnya menjadi lebih cepat bisa sampai menghemat waktu 50 persen dari sebelumnya, serta berdampak bagi masyarakat dengan bagusnya ruas jalan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sebelumnya, ruas jalan penghubung antara Desa Merah ke Desa Tanjung jmJorong TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada tahun 2018 dari sumber dana APBD sebesar Rp 1,6 miliar. Pada ruas jalan tersebut ada 2 anak sungai yaitu Sungai Bae dan Sungai Saan dengan diatasnya terpasang jembatan darurat dari kayu bulat atau log.

Pada tahun 2023, Pemkab Kotim melalui BPBD membangun jembatan di Sungai Bae dengan anggaran Rp 1,8 miliar. Jembatan tersebut dibangun selama 150 hari.

Rekonstrusi jembatan penghubung Desa Merah dan Desa Tanjung Jorong ini berbentuk triple box culvert dan pada kedua sisi ujung jembatan dilakukan pemasangan batu belah dan dilakukan penimbunan. Sehingga lokasi tersebut yang dulunya sering tergenang atau banjir saat musim hujan saat ini sudah tidak lagi dan masyarakat bisa memanfaatkanya dengan baik. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru