Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Desa dan ADD 2024 di Kapuas Meningkat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Januari 2024 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, nilai Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2024 di Kabupaten Kapuas meningkat. 

"Untuk DD tahun 2024 mengalami kenaikan walapun tidak banyak, dari Rp181 sekian miliar, naik sekitar tiga miliar menjadi Rp184 miliar sekian,” kata Budi Kurniawan, Rabu, 31 Januari 2024.

Kemudian, untuk ADD pada 2024 ini, sambungnya, juga mengalami kenaikan cukup signifikan dari Rp158 miliar lebih pada 2023, kini akan naik menjadi Rp174 miliar sekian. 

Atas kenaikan tersebut, pihaknya pun telah mensosialisasikannya kepada para kepala desa diantaranya menggelar rapat kerja degan pemerintah desa se Kabupaten Kapuas.

"Makanya kita sosialisasikan kepada pemerintah desa terkait prioritas penggunaannya sesuai dengan Peraturan Kementerian keuangan, yang mana DD itu di antaranya untuk penanganan stunting, ketahanan pangan, bantuan langsung tunai (BLT) dan lain-lainnya," jelasnya.

Sedangkan ADD itu prioritas penggunaannya untuk penghasilan tetap dan insentif insentif di tingkat desa. "Kita standarisasi semua di desa agar ada kepastian," ucapnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru