Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bagi Hasil Pertambangan Umum Rp6,9 Triliun Dorong Tren Peningkatan DBH Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Januari 2024 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalteng mencatat tren peningkatan transfer ke daerah (TKD) Dana Bagi Hasil (DBH) Kalteng di tahun anggaran 2023.

“TKD DBH mempunyai tren meningkat tajam di bulan Desember dikarenakan terdapat penambahan realisasi pada DBH Pertambangan Umum hingga Rp6,9 triliun menjelang tahun anggaran berakhir,” sebut sebut Kanwil DJPb Kalteng terkait Kinerja Belanja TKD TA 2023 dalam rilis resminya per Januari 2024.

Kanwil DJPb Kalteng menyampaikan kinerja penyaluran TKD sangat tergantung pada periode tahapan penyaluran dan kecepatan pemenuhan syarat penyaluran oleh pemerintah daerah.

Selain itu, kinerja belanja TKD Kalteng masih ditopang oleh kinerja Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Adapun Kinerja penyaluran DAU telah mencapai 100,0 yang didominasi oleh Dukungan Penggajian Formasi PPPK pada bulan Desember 2023.

DJPb menilai, secara spasial, penyaluran TKD seluruh pemda telah optimal, namun sebagian besar penyaluran terjadi pada bulan Desember 2023, sehingga menjadi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) TA 2023. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru