Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apresiasi Bagi Warga Telaga Taat Bayar Pajak

  • Oleh Hairul Saleh
  • 13 Mei 2016 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Taatnya warga  Desa Telaga, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, dalam membayar pajak pada sektor pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2), mendapat apresiasi. Berdasarkan informasi  pihak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) setempat, hampir seluruh warga Telaga sudah menyetorkan kewajibannya ke Dispenda.

"Ya, kemarin dari sekitar 80 lebih warga yang belum melunasi PBB-P2, kini sudah menunaikan kewajibannya. Tinggal belasan saja yang belum saat pencanangan BBGRM kemarin. Saya yakin setelah beberapa hari semua warga di sana sudah melunasi PBB-P2 nya," ucap Wakil Ketua DPRD Katingan, Endang Susilawatie Ahmad Yantenglie kepada wartawan, di Kasongan, Jumat (13/5/2016).

Endang Susilawatie menyebutkan, kesadaran warga Telaga membayar pajak, patut menjadi panutan dan contoh bagi masyarakat di wilayah desa lainnya untuk membayar PBB-P2. Karena, kata istri Bupati Ahmad Yantenglie itu, masyarakat taat membayar pajak akan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah Bumi Penyang Hinje Simpei.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Katingan agar turut mendukung tercapainya pembangunan daerah dengan taat membayar kewajiban pajaknya," kata Ketua Tim Penggerak PKK Katingan itu.

Sebelumnya, Dispenda Katingan menjanjikan dua unit sepeda motor bagi masyarakat yang telah melunasi Pajak Bumi Bangunan sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) pada pencanangan BBGRM di Desa Telaga, beberapa waktu lalu.

"Bagi para wajib pajak yang sudah melunasi PBB-P2 tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016 akan kami ikutsertakan dalam undian dengan doorprize dua unit sepeda motor," ujar Kepala Dispenda setempat Roby kepada wartawan, di Kasongan.

Undian berhadiah itu, kata Roby, merupakan bentuk apresiasi sekaligus pemecut motivasi bagi masyarakat wajib pajak untuk melunasi PBB-P2 sesuai SPPT masing-masing. Pekan panutan PBB-P2 ini sengaja diselaraskan dengan kegiatan BBGRM dengan maksud menggelorakan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. "Mari mengisi kegiatan BBGRM dengan membayar seluruh piutang PBB-P2 sesuai SPPT. Dua unit sepeda motor ini akan kita undi pada akhir Agustus 2016."

Roby mengaku bangga atas pencanangan BBGRM ke 13, sebab tingginya animo masyarakat Desa Telaga yang telah menyerahkan SPPT tahunan. Dari sekitar 300 wajib pajak itu, sebagian kecil ada pula yang mengurus pergantian nama maupun administrasi lain. Umumnya mereka menyambut positif membayar PBB-P2, hanya saja sebagian berkas ada yang perlu diurus kembali. Sebab pada SPPT ada nama yang sudah mendiang, sehingga harus digantikan oleh pihak keluarga lain.

Dia berharap, momentum pekan panutan PBB-P2 ini, dapat menjadi wadah guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kewajiban sebagai warga Negara, salah satunya membayar pajak. Pekan panutan inj melibatkan semua unsur masyarakat wajib pajak, termasuk pihak eksekutif dan legislatif.

"Kita semua dapat menjadi contoh dalam ketaatan membayar pajak, khususnya PBB-P2. Pajak ini penting untuk membiayai pelaksanaan pembangunan unuk kemakmuran masyarakat, khususnya di Katingan," katanya. (HAIRUL SALEH/N).

Berita Terbaru