Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Wilayah di Kotim Berpotensi Hujan Sedang

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 02 Maret 2024 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Kotawaringin Timur (Kotim) memprakirakan sejumlah wilayah di daerah ini berpotensi hujan sedang.

"Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga Lebat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Kotim Lyla, Sabtu, 2 Februari 2024.

Wilayah yang berpotensi hujan sedang pada Sabtu 2 Maret 2024 diantaranya terjadi di Kecamatan Bukit Santuai, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu, Cempaga Hulu, Cempaga, dan Pulau Hanaut 

Sedangkan Minggu, 3 Maret 2024, hujan sedang berpotensi terjadi di Kecamatan Bukit Santuai, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu, Cempaga Hulu, Mentaya Hulu, Parenggean, dan Telawang.

Prakiraan tersebut berdasarkan model prakiraan cuaca yang menunjukkan bahwa beberapa fenomena atmosfer dapat memicu potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Kotim.

"Diantaranya gangguan MJO dan Kelvin secara spasial terpantau di Pulau Kalimantan yang mengakibatkan system konvektif yang kuat," ujarnya.

Lanjutnya, terbentuknya pola konvergensi dan belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kalimantan Tengah menyebabkan terjadinya perlambatan aliran massa udara yang mengakibatkan penumpukan massa uap air yang berpotensi tumbuhnya awan-awan konvektif. 

Kelembapan udara beberapa Lapisan cukup basah dan labilitas local kuat mendukung perkembangan dan kemudian terbentuknya awan awan konvektif.

Masyarakat duingatkan untuk tetap waspada potensi hujan local intensitas lebat dengan durasi singkat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

"Berhati-hati terhadap dampak bencana yang berpotensi ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor untuk area yang mempunyai indek risiko banjir tinggi," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru