Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Catat ini Kadar Zakat Fitrah dan Fidyah 1445 H dari Baznas Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Maret 2024 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan kadar zakat fitrah dan fidyah untuk tahun 1445 hijrah atau 2024 masehi.

Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kalteng Nomor: 17/BAZNAS-KTG/II/2024 tentang Penetapan Kadar Zakat Fitrah Dan Fidyah 1445Η untuk wilayah Provinsi Kalteng pada 13 Februari 2024.

Ketua Baznas Provinsi Kalteng, Mustain Khaitami mengatakan, penetapan kadar zakat fitrah dan fidyah tersebut untuk memberikan kemudahan dalam perhitungan zakat fitrah dan fidyah wilayah Provinsi Kalteng.

"Penetapan ini memberi kemudahan dalam perhitungan zakat fitrah dan fidyah 1445 hijriah untuk wilayah provinsi Kalteng," ucapnya.

Berdasarkan surat keputusan itu, kadar zakat ditetapkan 3,5 liter atau setara dengan 2,8 kilogram, sedangkan kadar fidyah adalah 1 mud atau setara dengan 7 ons.

"Penetapan berat 2,8 kilogram ini berdasarkan konversi dari takaran 3,5 liter beras sebagaimana keputusan MUI Kalteng. Ini berlaku bagi masyarakat Kalteng," imbuhnya.

Khaitami menyampaikan penetapan besaran nilai rupiah zakat fitrah dan fidyah dikembalikan pada daerah masing-masing sesuai harga yang berlaku didaerah setempat. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru