Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dirlantas Polda Kalteng Optimalkan ETLE pada Operasi Keselamatan Telabang 2024

  • Oleh Pathur Rahman
  • 04 Maret 2024 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar operasi keselamatan telabang tahun 2024 selama 14 hari kedepan.

Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, serta menekan angka kecelakaan dan pelanggaran.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol R S Handoyo mengatakan, dalam operasi ini, pihaknya juga akan mengoptimalkan fungsi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), yang merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis teknologi informasi.

ETLE dapat merekam pelanggaran lalu lintas secara otomatis dan mengirimkan surat tilang elektronik kepada pelanggar.

"Untuk tindakan di lapangan, para anggota hanya membawa blanko teguran bagi masyarakat yang dinilai melanggar lalu lintas," ungkapnya, Senin, 4 Maret 2024.

Bagi masyarakat yang berkendara namun membahayakan pengendara sekitar, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, atau mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau narkoba, akan langsung ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Handoyo menambahkan, operasi keselamatan telabang 2024 ini juga sekaligus sebagai persiapan menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, yang biasanya menjadi momen mudik dan arus lalu lintas meningkat. Ia berharap, dengan operasi ini, masyarakat dapat lebih tertib dan aman dalam berkendara.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, menggunakan perlengkapan keselamatan, dan tidak mengemudi dalam kondisi lelah atau mabuk. Jika ingin mudik, sebaiknya merencanakan perjalanan dengan baik, memilih moda transportasi yang aman dan nyaman," tutup Handoyo. (PATHUR/y)

Berita Terbaru