Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persiapkan Rencana Pembangunan Perhutanan Sosial, Camat Bataguh Adakan Rapat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Maret 2024 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kecamatan Bataguh telah menggelar rapat atau pertemuan dengan sejumlah pemerintah desa dan pihak terkait untuk mempersiapkan rencana pembangunan perhutanan sosial.

Perhutanan sosial merupakan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara, hutan hak atau hutan adat, dilaksanakan oleh masyarakat setempat maupun masyarakat hukum adat, untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Rapat dipimpin Camat Bataguh Syuryadin yang menyampaikan pertemuan sekaligus sosialisasi ini merupakan tindak lanjut setelah pertemuan di Kantor DinasPMD Kapuas beberapa hari lalu.

"Pertemuan ini kita koordinasi dan mengharapkan bagi desa yang sudah memiliki

Persetujuan pengelolaan perhutanan sosial dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, baik hutan desa, hutan kemasyarakatan maupun hutan tanaman rakyat, untuk bisa berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pembangunan perhutanan sosial diwilayahnya, khususnya dalam mendapatkan dukungan pendanaan," katanya, Minggu, 17 Maret 2024.

Terlebih, lanjut dia desa yang mendapatkan Perbup tentang batas desa, yang sudah siap menyusun anggaran dan segera melaksanakan pemetaan partisipatif.

"Lalu, model atau sistem penganggaran, perlunya tim pemetaan desa, agenda pemetaan sosialisasi pelatihan survey dan lainnya,” pintanya.

Adapun pertemuan dihadiri Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Kapuas, Chandra, Tim Yayasan Tahanjungan Tarung (YTT), Yayasan Puter Indonesia (YPI), Yasayan Petak Danum (YPD), Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Kapuas Barito. 

Dihadiri juga Kepala Desa Tamban Luar, Sekdes Bangun Harjo, Sekdes Pulau Mambulau, Lurah Pulau Kupang, Sekdes Bamban Raya, Kades Budi Mufakat dan Perangkat Desa Sei Lunuk dan Kadea Sei Jangkit. (DODI/H)

Berita Terbaru