Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulan Depan Gedung KONI Kalteng Dibongkar

  • Oleh Marini
  • 27 Maret 2024 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin mengatakan, rencananya pada April 2024 akan dilaksanakan pembongkaran terhadap gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng.

"Ya bulan depan akan kita bongkar. Wilayah gedung KONI sebagai tempat parkiran Bundaran Besar yang sudah kita desain dari 6 tahun yang lalu," katanya, saat dikonfirmasi awak media, Rabu, 27 Maret 2024.

Pembongkaran tersebut telah dilaksanakan diskusi baik itu dari pemerintah provinsi hingga lembaga adat. Bahkan pembangunan Bundaran Besar itu juga, dilakukan diskusi terlebih dahulu.

Dirinya pun menyayangkan, adanya penetapan cagar budaya kenapa tidak dilakukan sejak dari lama. Dan memprediksi bahwa bangunan Gedung KONI Kalteng itu, sewaktu-waktu akan roboh. Karena kondisi bangunan lebih dari 50 tahun dan tidak pernah dilakukan renovasi.

"Iya, kami selalu melakukan diskusi bahkan sampai dengan lembaga adat sekalipun. Dari awal sejak renovasi Bundaran Besar, sampai adanya pembongkaran gedung KONI ini. Namun, yang kami sayangkan kenapa baru sekarang ditetapkan sebagai cagar budaya, tidak sejak lama," bebernya.

Dirinya juga mengatakan, desain gedung KONI Kalteng ini telah dilaksanakan diskusi dengan para arsitek, baik lokal dan luar daerah. 

Katanya dalam desain gedung KONI tersebut nantinya akan terdapat terowongan bawah tanah, yang digunakan untuk akses pengunjung menuju Bundaran Besar. 

"Dan gedung KONI ini juga, perlu diketahui adalah aset milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru