Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Perkembangan Tiap Desa di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 16 April 2024 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mendorong perkembangan setiap desa yang ada di wilayah Kalteng ini.

Menurutnya, setiap desa harus mampu berkembang dan menciptakan kemandirian. Inovasi dalam pembangunan perlu dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

"Baik sumber daya manusianya maupun alamnya harus bisa dimanfaatkan dengan baik, desa-desa harus mampu berkembang dan mandiri," katanya, Selasa, 16 April 2024.

Kuwu menambahkan, dalam upaya mengembangkan desa, tentunya mulai dari kepala maupun aparatur desa harus dapat mencanangkan program strategis.

"Khususnya yang berkaitan dengan pengembangan sektor-sektor menjanjikan seperti pertanian, pariwisata, UMKM, IKM, dan lain sebagainya," ucapnya.

Selain itu, dalam upaya tersebut juga setiap desa pastinya memiliki dana desa yang disalurkan pemerintah, anggaran itu bisa dikelola untuk pembangunan.

"Pembangunan itu bersifat menyeluruh, tidak hanya pada sektor tertentu saja, bangun yang benar-benar mampu mendongkrak perkembangand dan kemajuan desa," ujarnya.

Di sisi lain, Kuwu juga meminta agar ada peran pemda mendukung perkembangan desa yang ada di wilayah Kalteng ini, dengan membangun yang menjadi kewenangan pemda.

"Misal akses darat penghubung, jaringan listrik dan lain-lain. Dengan adanya dukungan itu harapan kita desa-desa bisa berkembang dan tidak ada lagi yang tertinggal," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru