Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Pratowo Ingatkan Tujuan Utama Pembentukan Otonomi Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 April 2024 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengingatkan ada dua tujuan otama pembentukan otonomi daerah.

"Otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi," ungkapnya saat menyampaikan arahan Menteri Dalam Negeri memimpin upacara di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kamis, 25 April 2024.

Ia menjelaskan dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis.

Langkah ini diaplikasikan melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous development).

Termasuk didalamnya langkah pemanfaatan potensi sumber daya alam (SDA) yang bijak dan menggunakan asas berkelanjutan (sustainable).

Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society.

"Kebijakan desentralisasi juga diharapkan dapat memperbaiki tata hubungan pusat-daerah sehingga menjadi lebih proporsional, harmonis dan produktif dalam rangka penguatan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru