Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daerah Otonom dengan PAD Rendah Perlu Lakukan Inovasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 April 2024 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo meminta daerah otonom yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) rendah untuk melakukan inovasi.

“Bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD,” tuturnya saat menyampaikan arahan Menteri Dalam Negeri memimpin upacara di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kamis, 25 April 2024.

Namun, ia mengingatkan langkah tersebut harus dilakukan tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

Sedangkan kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya, diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Harapannya dengan begitu dapat meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas infrastruktur yang baik dan lain-lain.

Sebagaimana diketahui, otonomi daerah menjadi perwujudan dari konsep desentralisasi menjadi cita-cita reformasi.

Otonomi daerah memberikan kewenangan daerah untuk dapat mengatur dan mengurus berbagai kepentingan masyarakat secara mandiri serta berdasar pada aspirasi masyarakat. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru