Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Provincial Health Account Sebagai Alat Bantu Monitoring Bidang Kesehatan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 April 2024 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Rainer Danny P. Mamahit mengingatkan Provincial Health Account (PHA) sebagai alat bantu monitoring sama halnya seperti District Health Account (DHA).

“Provincial dan District Health Account (PHA/DHA) merupakan salah satu alat bantu monitoring dan pengambilan keputusan di bidang kesehatan,” tutur Rainer saat pertemuan pendampingan di Hotel Aquarius Palangka Raya.

Ia mengatakan alat bantu ini memberikan gambaran pembiayaan kesehatan bersumber publik maupun swasta di daerah.

Perhitungan pembiayaan kesehatan ini membantu pengambil keputusan dalam menjawab beberapa pertanyaan pokok terkait isu kecukupan, pemerataan, efisiensi, efektifitas.

Termasuk terkait isu keberlanjutan yang dapat digunakan sebagai dasar kebijakan alokasi sumber daya kesehatan.

Rainer menambahkan, penggunaan istilah National Health Account (NHA), PHA, dan DHA berhubungan dengan batas kewilayahan.

 DHA merupakan belanja kesehatan dalam wilayah kabupaten/kota, sedangkan PHA mencakup belanja yang dikeluarkan di sejumlah kabupaten/kota di provinsi bersangkutan. Ditambah dengan belanja kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi yang tidak tercatat di dalam DHA.

Sedangkan, NHA merupakan kumpulan PHA-PHA ditambah belanja kesehatan di tingkat pusat tetapi tidak termasuk dana dekonsentrasi, tugas perbantuan, bantuan sosial maupun dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang ditransfer ke provinsi atau kabupaten/kota. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru