Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Promosikan Budaya Lewat Festival Marunting Batu Aji

  • Oleh ANTARA
  • 27 April 2024 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah mempromosikan seni dan budaya daerah itu melalui Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA).

"Kegiatan ini merupakan ajang promosi kebudayaan lokal atau daerah baik kepada masyarakat luar, turis asing maupun masyarakat Kobar (Kotawaringin Barat) itu sendiri," kata Asisten III Sekda Kabupaten Kotawaringin Barat Syahruddin, Sabtu 27 April 2024.

Agenda FBMBA selama lima hari, 23-27 April 2024, di Lapangan Sampuraga Pangkalan Bun. Kegiatan itu juga wadah seniman menampilkan karya kreatifnya.

"Sehingga melalui kegiatan festival ini dapat memotivasi generasi muda untuk dapat berkreasi dan berprestasi, sekaligus melestarikan budaya daerah itu sendiri," ucapnya.

Pada kegiatan tersebut diselenggarakan berbagai lomba tradisional, di antaranya masak tradisional, karungut, lagu daerah, tari pesisir, dan tari pedalaman.

"Festival ini memang salah satu cara kita mempromosikan seni dan budaya lokal kepada masyarakat. Ini juga upaya kita menjaga dan kelestarian budaya lokal," ucapnya.

Ia mengharapkan Festival Marunting Batu Aji meningkatkan kreasi dan inovasi masyarakat, serta menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya lokal d tengah perkembangan globalisasi.

"Melalui acara ini adalah bukti nyata pemerintah daerah mendukung penuh, demi kemajuan seni budaya dan tradisi lokal yang telah turun-temurun sejak dulu, kami berharap melalui festival ini masyarakat dapat lebih mengapresiasi seni dan budaya lokal serta melestarikannya," ujarnya.

Selain itu, katanya, festival budaya tahunan ini memicu pengembangan kebudayaan lokal di sekolah-sekolah dan menyasar generasi muda lainnya.

Ia menjelaskan pentingnya generasi muda menghargai kebudayaan dan kearifan lokal, serta melestarikan di tengah pengaruh kesenian modern.

Ia mengharapkan pada masa mendatang festival itu ditingkatkan, mengingat antusiasme masyarakat cukup tinggi.

"Bahkan yang juara satu pada ajang ini nantinya juga akan diberangkatkan mewakili Kobar untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang di Palangka Raya," kata Syahruddin.

ANTARA


TAGS:

Berita Terbaru