Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Penanganan Serius Banjir di Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 02 Mei 2024 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perlu penanganan serius banjir di Sampit yang melanda sejumlah titik akibat hujan yang terus melanda.

"Untuk pemerintah daerah terutama instansi terkait agar memperhatikan dan normalisasi saluran yg menyempit atau tersumbat," kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie, Kamis, 2 Mei 2024.

Banjir di wilayah perkotaan semakin parah karena sungai dan drainase yang tidak lancar. Sehingga hujan yang terus menerus mengguyur menggenang di berbagai titik.

Banjir pun lambat surut karena menyempitnya sungai dan drainase akibat rumput endapan serta sampah.

Faktor pasang surut sungai Mentaya juga menambah parahnya banjir di Sampit. Membuat air yang akan menuju muara kembali lagi ke hulu bersamaan air paang.

"Masyarakat juga harus bersama-sama memperhatikan lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran dan sungai," ujarnya. 

Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat turut terlibat dalam penanganan banjir. Perlu gerakan gotong royong mulai dari tingkat RT untuk membersihkan drainase-drainase di lingkungan sekitar agar saluran air lancar dan jika pun terjadi genangan air akan cepat surut. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru