Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Tambah Fasilitas Hutan Kota

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Juni 2016 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Untuk menambah fasilitas hutan kota, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Sukamara, melanjutkan pembangunan jalan titian di lokasi hutan kota. Dishutbun juga mengadakan beberapa fasilitas lainnya, seperti pembangunan tanggul yang berfungsi untuk sistem penyerapan dan pembuangan air.

Kabid Penataan Kawasan dan Rehabilitasi Hutan Dinas Hutbun Sukamara, Arianto mengatakan, tahun ini memang ada pengerjaan lanjutan untuk jalan titian di kawasan hutan kota. Pembangunan jalan titian tersebut direncanakan hingga mencapai lokasi danau yang berada lokasi tersebut.

'Namun pengerjaan lanjutan jalan titian kemungkinan tahun 2016 ini yang terakhir,' kata Arianto. Kamis (9/6/2016).

Menurutnya, selain menambah fasilitas jalan titian, ada beberapa pekerjaan yang juga dilakukan untuk menambah fasilitas dikawasan hutan kota seperti pembuatan tanggul, parit dan juga tempat parker kendaraan.

'Konsep awal memang kawasan hutan kota ini tidak hanya dibiarkan begitu saja tetapi akan terus dikelola dan dikembangkan menjadi sebuah kawasan yang mempunyai berbagai macam fungsi yakni selain untuk pendidikian, wisata dan juga pelestarian alam,' kata Arianto.

Bahkan, ke depan pihak Dinas Hutbun Sukamara menjadikan kawasan hutan kota sebagai tempat pariwisata bagi masyarakat dengan membangun fasilitas penunjang, seperti kolam renang, wahana outbound dan sarana bermain hingga tempat penangkaran hewan langka.

'Kita sudah siapkan master plan untuk pengembangan kawasan hutan kota tersebut hingga nantinya secara bertahap menjadi tempat penangkaran hewan langka, seperti rusa. Mudah-mudahan ini bisa tetap terwujud meskipun nantinya kewenangan untuk kehutanan dan perkebunan sudah beralih ke pihak provinsi,' ujar Arianto. (MG-13/N).

Berita Terbaru