Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TWA Tanjung Keluang Bersiap Hadapi Lonjakan Pengunjung Saat Libur Lebaran

  • Oleh Kementerian Pariwisata
  • 04 Juli 2016 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Biasanya dalam liburan lebaran, selain Pantai Kubu, di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), ada lokasi wisata lagi yang juga ramai didatangi pengunjung. Lokasi tersebut adalah Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang yang juga berada di Desa Kubu.

Menghadapi lonjakan pengunjung yang berwisata di tempat tersebut saat libur lebaran, sejak dua minggu lalu petugas resort TWA Tanjung Keluang sudah melakukan berbagai persiapan.

"Persiapan yang dimaksud adalah kordinasi dengan para stakeholder terkait yaitu Dinas Pariwisata Kobar, Dinas Perhubungan Kobar, Kepolisian Air dan Udara (Polairud), Puskesmas Kumai serta  kelompok klotok penyeberangan Desa kubu - Tanjung Keluang," jelas Siswanto, atau yang biasa disapa Azis, petugas resort TWA Tanjung Keluang, Senin (4/7/2016). 

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mempersiapkan volunteer ticketing yang berasal dari Manggala Agni serta kader konservasi. 

"Nantinya mereka akan membantu dalam hal penjualan tiket masuk. Tiket masuk yang merupakan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk wisatawan juga telah disiapkan. selain itu kita juga membuka kesempatan atau izin berjualan untuk umum selama 1 minggu selama libur lebaran," jelasnya.

Saat ditanyakan terkait dampak negatif banyaknya wisatawan yang datang ke TWA Tanjung Keluang selama libur lebaran, Azis mengatakan dampak negatif yang muncul biasanya masalah sampah.

"Satu sisi kunjungan wisatawan memang harus ditingkatkan. Tetapi di sisi lain akan menimbulkan dampak munculnya sampah. Ditambah lagi sampah kiriman air pasang laut," ujarnya.

Walau demikian pihaknya tetap berupaya meminimalisir sampah yang muncul dari banyaknya wisatawan yang datang. "Kami menekankan keaktifan petugas penjual tiket yang akan terus mengingatkan para pengunjung agar membuang sampah di bak sampah yang disediakan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan menyebar bak sampah di beberapa titik di kawasan TWA Tanjung Keluang. 'Kemudian bagi pedagang yang berjualan di kawasan TWA Tanjung Keluang akan dilokalisir di tempat khusus agar penyebaran sampah yang dihasilkan pedagang mampu ditekan penyebarannya," jelasnya.

Kemudian dalam hal keamanan bagi pengunjung TWA Kanjung Keluang, petugas hanya mengizinkan pengunjung berenang 20 m dari tepi pantai.  

'Tentunya pengunjung hanya boleh berenang di zona aman renang yang telah ditentukan dan tetap melihat sikon cuaca. Selain dalam pantauan petugas, para orang tua juga diminta untuk turut mengawasi anaknya selama berenang di pantai TWA," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru