Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

50 Hand Traktor akan Dibagikan Kepada Kelompok Tani di Kabupaten Kapuas

  • 12 Juli 2016 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Kini sudah 50 persen kelompok tani di Kabupaten Kapuas menerima hand traktor dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kapuas. Hand traktor yang dibagikan berjumlah ratusan unit, puluhan pompa air serta, belasan unit alat tanam atau transplanter atau indo jarwo.

Kasi Mekanisasi Pertanian, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kapuas Eterius yang ditemui di kantornya, Selasa (12/7) mengatakan, jumlah hand traktor yang dibagikan ada 302 unit, 56 pompa air, serta 15 unit transplanter atau indo jarwo. Semua alat-alat pertanian itu dibagikan kepada kelompok tadi, yang sebelumnya sudah mengajukan proposal untuk bantuan tersebut.

"Bantuan yang kita diberikan kepada kelompok tadi, seperti hibah dan digunakan untuk kelompok tani. Satu desa rata-rata dengan sembilan kelompok tani. Hand traktor merupakan bantuan APBD 2016 (provinsi) Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian Pertanian pusat," terang Eterius.

Kemudian kelompok tani yang menerima sarana pertanian ini adalah untuk daerah pasang surut. Kini tersisa sekitar 50 persen hand traktor. Sisanya ini akan diserahkan secara simbolis kepada kelompok tadi. Penyerahan akan dilakukan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Senin (18/7/2016).

Beberapa bulan sebelumnya, kata Eterius sebagian kelompok tadi yang lokasinya sangat jauh sudah mengambil hand traktor. Tetapi sebagian lagi sudah diserahkan langsung kepada kelompok tani. Pemberian hand traktor maupun jenis yang lain agar kelompok tani tak mengalami kesulitan membajak sawah, mengalirkan air, maupun menanam padi. (DJEMMY NAPOLEON/m) 

Berita Terbaru