Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hutan Produksi Km-30 Jalur Pangkalan Bun-Kolam Terbakar

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 04 Agustus 2016 - 14:41 WIB

BORNEONEWS-Pangkalan Bun,  Kebakaran  besar terjadi di lahan kawasan Hutan Produksi  (HP) yang  terletak  di sekitar km-30  antara Pangkalan Bun dan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Kebakaran itu terjadi sekitar pukuil 13.00 WIB, dan hingga berita ini diturunkan kebakaran masih berlangsung.  Api  dengan asap tebal yang  membubung ke angkasa  itu tak jauh dari kawasan Danau Masaurayan.

Hufi, salah seorang  warga yang melintas di jalan itu  menuturkan, api berkobar  dan menjalar dengan  cepat.  Karena cuaca cerah dan angin kencang. 'Posisi lahan kebaran itu,kalau dari arah Pangkalan Bun menuju Kolam,  sebelah kiri jalan,' kata  Hufi kepada Borneonews.   'Sebelum jembatan  layang, ' lanjutnya .

Ia menggambarkan,  panjang lahan yang termakan api itu  sekitar 300 meter.  'Ke dalam hutannya tidak tahu persis. Tetapi melihat asapnya,  mungkin sekitar 100-an meter.'

Digambarkannya, jarak antara jalan raya tempat dia berdiri hingga ke api yang berkobar itu hanya sekitar 50-an meter. Dan  kawasan  itu merupakan daerah yang digarap oleh warga. "Saya tidak tahu, apakah lahan itu sengaja dibakar warga atau terbakar sendiri."

Hufi juga mengaku, ia sudah  sms ke rekan-rekannya yang ada di Dinas Kehutanan, Pemadam Kebakaran dan lainnya untuk datang ke lokasi kebakaran.  'Ke Pakde (Pak Bupati) juga saya kirim sms,'  katanya.(*)

Berita Terbaru