Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasokan Listrik Kurang Dituding jadi Penyebab Macetnya Air PDAM Sampit

  • Oleh Sumiati
  • 12 Agustus 2016 - 15:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kurangnya pasokan listrik dituding sebagai penyebab kerap macet, dan terhentinya pasokan air dari PDAM Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) ke para pelanggan. Sejauh ini, produksi air yang dihasilkan PT Dharma Tirta Sampit, tidak pernah menurun, namun produksinya terkadang terhenti karena kekurangan pasokan listrik.

"Sering macetnya pasokan air yang mengaliri ke pelanggan itu dikarenakan produksinya kadang terhenti, karena kita masih tergantung pada pasokan listrik dari PLN. Semua alat yang kita gunakan kan memakai tenaga listrik PLN. Jadi, kalau pasokan listrik PLN itu padam, tentu produksi air kita terhenti. Ini yang menyebabkan aliran air ke pelanggan terkadang macet," kata Direktur PT. Dharma Tirta Sampit, Firdaus Herman Ranggan, di Sampit, Kamis (11/8/2016).

Dia mengungkapkan, jika pasokan listrik PLN terjadi pemadaman lebih dari satu jam, pasokan air kepada pelanggan menjadi terganggu, terutama pada daerah yang jauh dari lokasi pipa pendistribusian air. "Kalau listrik itu matinya lama, pipa-pipa PDAM itu sudah terisi angin, sehingga proses normalisasinya membutuhkan waktu lama."

Jika menggunakan pembangkit listrik sendiri, seperti menggunakan mesin genset tentu biaya operasional sangat mahal, sementara biaya per bulan PDAM sudah tidak bisa lagi dinaikkan. Karena, kata Firdaus, jika dinaikkan tarifnya, dikhawatirkan memberatkan pelanggan. (EMI/N).

Berita Terbaru