Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Provinsi Verifikasi Calon Perseorangan di KPU Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 18 Agustus 2016 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah (KPU Kalteng) melakukan supervisi dan monitoring terkait verifikasi administrasi dan verifikasi faktual calon perseorangan di KPU Barito Selatan (Barsel), Kamis (18/8/2016). Di Kalteng yang melaksanakan Pilkada serentak, 15 Februari 2017, ada dua kabupaten yakni Barito Selatan dan Kotawaringan Barat.

'Tugas kita antara lain melakukan supervisi dan monitoring terhadap apa yang telah dilakukan oleh KPU penyelenggara,' kata ketua KPU Provinsi Kalteng, Ahmad Syar'i kepada Borneonews, di Aula KPU Barsel, Kamis (18/8/2016).

Pada Pilkada Serentak 2017, pada 15 Februari 2017, di Provinsi Kalteng ada dua kabupaten, yakni Barito Selatan dan Kotawaringan Barat. Di dua wilayah itu, proses pendaftaran calon independen, sudah memasuki tahap verifikasi awal, dilanjutkan pengecekan administrasi dan verifikasi secara faktual.

Saat ini, lanjut dia, sistem di KPU kendatipun penyelenggaranya didua kabupaten tersebut, namun jika ada sesuatu dan lain halnya maka KPU Provinsi harus bertanggungjawab. Oleh karena itu, lanjut dia, dalam rangka tersebutlah pihanknya datang kesini melakukan supervisi dan monitoring. Salah satunya dilakukan dulu rapat evaluasi dan koordinasi  sekaligus ingin melihat bukti-bukti dokumen.

'Hal ini untuk menjamin dalam pelaksanaannya nanti dari sisi KPU tidak ada pelanggaran dan dari sisi bakal calon bupati tidak dirugikan dan memang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan,' jelasnya. 

Ia menambahkan, pihaknya tidak hanya ke KPU Barsel melakukan supervisi dan monitoring ini. Hari ini juga beberapa anggota KPU provinsi melakukan hal yang sama di KPU Kota Waringin Barat.

Selain itu, Barsel salah satu KPU pilot Project Pusat Pelayanan Informasi Daerah (PPID), itu juga dicek betul apa memang sudah siap atau ada kekurangan dan kelemahannya.

'Jika masih ada kekurangan dan kelemahannya, maka akan kita beritahukan dan perbaiki. Sehingga nantinya benar-benar siap,' ucap dia.

Ditempat yang sama Ketua KPU Barsel, M Hadis Surais mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi faktual terhadap persyaratan dukungan calon perseorangan sampai tanggal 20 Agustus nanti. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru