Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Mantapkan Pembangunan Desa Tertinggal

  • 22 Agustus 2016 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas memantapkan pembangunan desa tertinggal. Upaya membangun desa tertinggal dan desa perbatasan melalui Program Gerbang Desa Bajenta terus dimantapkan oleh Pemkab, dengan mengumpulkan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait. Program Desa Bajenta, upaya Pemkab Kapuas untuk mengentaskan desa-desa tertinggal dan desa di daerah perbatasan.

"Berdasarkan data statistik setidaknya masih ada 58 desa tertinggal di Kapuas. Melalui program Desa Bajenta diharapkan sampai 2018 jumlah desa tertinggal bisa ditekan setidaknya sampai 60%. Statusnya bisa kita tingkatkan dari semula desa tertinggal menjadi desa berkembang. Tapi asal semua pihak berkomitmen,' kata Wakil Bupati Kapuas, H Muhajirin, Jumat (19/8/2016)

Dalam pelaksanaan program membangun desa tertinggal, SKPD diharapkan memiliki peran besar untuk melakukan intervensi terhadap desa-desa yang masuk dalam kategori tertinggal. 'SKPD dapat mencermati setiap program kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa tertinggal, sehingga tidak tumpang tindih kegiatan, namun saling melengkapi,' terang Mihajirin.

Mantan Sekda Kapuas itu juga menginginkan SKPD agar mengetahui program apa saja yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa tersebut, agar tepat sasaran, dapat berjalan dengan baik dan berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

'Jangan membangun itu istilahnya dalam bahasa Banjar, mata rambangan (semua mau dibangun). Sedangkan dilain pihak kita tidak ada dananya. Mestinya dari sekian banyak itu mana yang diprioritaskan supaya mengangat harkat martabat masyarakat desa untuk dikatakan tidak tertinggal lagi,' tandasnya.

Wabup menambahkan, untuk membangun desa tertinggal dan desa di perbatasan pihaknya juga nantinya akan merumuskan agar SKPD benar-benar memiliki komitmen untuk melaksanakan programnya membangun desa. 'Supaya SKPD jangan lagi bilang kami siap membangun ini membangun itu, tetapi harus jelas dan nyata. Jadi, komitmen masing-masing SKPD itu nanti akan diteken di hadapan Bupati,' pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

     

Berita Terbaru