Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Minta Pemkab Kotawaringin Timur Tingkatkan Pelatihan Usaha Masyarakat

  • Oleh M. Rifqi
  • 02 September 2016 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Komisi III DPRD Kotim berharap Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) meningkatkan pelatihan keterampilan usaha masyarakat. Pasalnya, anggota Dewan menilai, selama ini peningkatan keterampilan kepada masyarakat di daerah itu masih minim. Setiap reses, banyak warga yang meminta difasilitasi pelatihan keterampilan yang bisa menjadi usaha.

'Karena itu kami sangat berharap pelatihan dan peningkatan keterampilan masyarakat ke depan dapat menjadi perhatian Pemkab melalui dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans),' kata Ketua Komisi III DPRD Kotim, Rimbun. Kamis (1/9/2016).

Pembinaan dan pelatihan, lanjut Rimbun, harus dilaksanakan rutin. Artinya dilaksanakan secara berkelanjutan, serta dilakukan pembimbingan dan pemantauan secara berkala. Apabila memungkinkan juga diberikan bantuan baik modal usaha maupun peralatan.

'Beberapa bidang pelatihan usaha bisa diberikan kepada masyarakat. Seperti pengemasan ikan asin, kerupuk, amplang, ataupun kerajinan rumah tangga dari limbah kelapa. Selain itu juga perbengkelan, las listrik, menjahit, dan sebagainya,' sebut politisi PDI Perjuangan itu.

Rimbun mengakui, masih minimnya penciptaan lapangan kerja di Kotim. Pemberian keterampilan menjadi salah satu alternatif agar masyarakat usia produktif dapat menciptakan peluang kerja sendiri diantaranya bisa menggeliatkan usaha-usaha kecil memberikan ruang berkembangnya perekonomian di masyarakat. 

'Penciptaan-penciptaan usaha kecil di dalam masyarakat juga harus menjadi perhatian pemkab melalui instansi terkait. Dengan menciptakan inovasi, baik pembekalan keterampilan maupun menciptakan usaha-usaha kecil di masyarakat sebagai antisipasi minimnya lapangan kerja,' kata dia. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru