Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panwaslu Barito Selatan Temukan Fotokopi Dukungan Dan Tandatangan Palsu

  • Oleh Uriutu
  • 06 September 2016 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Panitai Pengawas Pemilu (Panwaslu) Barito Selatan (Barsel) meemukan fotokopi dan tandatangan palsu syarat dukungan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan.

Ketua Panwaslu Barito Selatan Nur Chambiyah mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil monitoring pihaknya di lapangan. 

Dalam monitoring tersebut, banyak warga mengaku kaget karena fotokopi KTP dan tandatangan dukungan ada untuk mendukung pasangan Kisno Hadi-Rikianor Rahman.

'Padahal mereka tidak pernah memberikan fotokopi KTP maupun menandatangani syarat untuk mendukung pasangan jalur perseorangan tersebut,' kata Hamzah, penggilan akrabnya kepada Borneonews, Senin (5/9/2016).

Saat ditanya apa tindakan panwasku dengan ditemukannya banyak pencaplokan fotokopi dan tandatangan dukungan, ia mengatakan, dalam verifikasi faktual ini jika itu tidak sesuai maka akan dinyatakan salah seorang tersebut dukungannya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Artinya, lanjut dia, jika banyak yang seperti itu, maka nantinya hasil verifikasi faktual akan diketahui berapa yang benar-benar mendukung dan berapa yang tidak mendukung.

'Hasil tersebut akan diketahui besok pada 6 September 2016. Apakah bakal pasangan calon perseorangan ini bisa maju menjadi calon atau tidak,' jelasnya.

Disinggung lagi, apakah sampai saat ini sudah ada warga yang melaporkan terkait dengan fotokopi dan syarat dukungan palsu ini, ia mengatakan sampai hari ini masih belum ada yang melaporkan.

Jika ada yang melaporkan, lanjut dia, maka pihaknya akan menindaklajutinya dengan melakukan gelar perkara ditingkat panwas ludulu, apakah memenuhi dua alat bukti atau tidak.

'Jika dalam perkara tersebut mengandung unsur tindak pidana maka akan gelar perkara dengan gakumdu yakni dengan pihak kejaksaan dan kepolisian,' ucapnya.

Sementara itu, seorang warga Desa Bundar, Tanto mengatakan, mengecam keras tindakan relawan maupun tim-timnya yang memalsukan tandatangan dan fotokopi KTP.

'Padahal kita tidak pernah menyerahkan fotokopi KTP dan menandatangani dukungan untuk pasangan Kisno Hadi-Rikiannor Rahman ini. Yang saya heran kenapa fotokopi KTP ada ditangan mereka dari mana siapa biang keroknya,' tandas dia.

Hal ini, lanjut dia, akan dilaporkan ke panwaslu kabupaten atau ke pihak-pihak yang berkompeten. (URIUTU DJAPER/m).

Berita Terbaru