Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Turun Tangan Atasi Sengketa Tapal Batas Dua Desa

  • Oleh Supri Adi
  • 26 September 2016 - 12:07 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M Yoseph tangani penyelesaian sengketa tapal batas antara Desa Tumbang Bauh dan Desa Batu Tojah, Kecamatan Barito Tuhup Raya yang terjadi sejak lama. Orang nomor satu di Mura, terpaksa turun gunung, karena segala upaya yang telah dilakukan pihak kecamatan tidak bisa menarik kata sepakat antara dua belah pihak, sampai tapal batas ini tidak kunjung selesai.

Pada kegiatan peninjauan batas antar dua desa yang dilaksanakan pada hari Sabtu (24/9/2016), Bupati meminta agar lokasi yang disepakati sebagai batas dua desa segera dibuat berita acaranya agar mempunyai kepastian hukum.

"Sampai masalah tapal batas ini lama selesai karena adanya persepsi yang tidak sama serta juga tarik menarik tentang pertimbangan unsur potensi sumber daya alam (SDA) maupun nilai ekonomi," jelas Bupati Mura, Perdie M Yoseph, saat dikonfirmasi ketika meninjau lokasi sengketa.

Perdie sangat berharap agar dengan sudah mulai ditemukannya kata sepakat terhadap tapal batas tersebut ke depan tidak ada lagi masalah yang muncul sehingga mengganggu situasi keamanan di wilayah tersebut.

Perdi juga mengatakan selain dua desa tersebut yang sudah lama saling bersengketa masalah perbatasan, masih banyak sengketa tata batas yang belum selesai sepenuhnya diselesaikan dan diminta kapada pihak kecamatan untuk dapat menyelesaikan terlebih dahulu. 

"Bila tidak bisa diselesaikan oleh pihak kecamatan, bisa meminta bantuan kepada pihak pemerintah kabupaten untuk bisa membantu menyelesaikannya," tambah Perdie lagi. (SUPRI ADI/N).

Berita Terbaru