Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

80 Personel Polres Lamandau Akan Diterjunkan Amankan Pilkades

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 September 2016 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sedikitnya 80 personel kepolisian dari Mapolres Lamandau akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lamandau pada 1 Oktober 2016.

Sebanyak 80 personel polisi tersebut secara resmi akan disebar ke 40 desa yang melaksanakan Pilkades pada H-1, tepatnya Jumat (30/9/2016).

"Serpas (Pergeseran Pasukan) akan kita gelar pada Jumat (30/9/2016) pagi, bersamaan dengan didistribusikannya surat suara Pilkades oleh panitia Pilkades ke masing-masing desa," beber Kapolres Lamandau AKBP Johanes Pangihutan Siboro, melalui Kabag Ops Polres Lamandau, Kompol Rohman Yonky, Kamis (29/9/2016).

Yonki juga mengatakan, dari 80 personel yang akan akan diterjunkan tersebut, masing-masing desa akan mendapat pengamanan dua anggota kepolisian, ditambah lagi pengamanan bantuan dari TNI, Satpol PP, serta Linmas yang ada di masing-masing desa.

Berdasarkan dari laporan panitia Pilkades dan sejumlah pegawai kecamatan, ia juga membenarkan bahwa dalam pengamanan nantinya pihak kepolisian telah menginventarisir sejumlah titik (desa) yang masuk pada kategori rawan, sehingga tidak menutup kemungkinan jika di sujumlah titik tersebut akan ada penambahan personel.

"Untuk sementara, kita tetapkan masing-masing desa dijaga oleh dua anggota (polisi), tapi tentu kita terus melakukan pemantauan dan menyesuaikan berdasarkan perkembangan yang ada di lapangan, jika perlu penambahan personel tentu akan kita tambah," katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat, khususnya masyarakat di desa yang melaksanakan Pilkades, dapat bekerjasama dengan pihak keamanan. Karena, sebutnya, pada hakikatnya menjaga keamanan dan ketertiban bukan tugas kepolisian semata, melainkan tugas dari semua warga masyarakat.

Seperti diketahui, 40 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak Kabupaten Lamandau tahun 2016 gelombang I pada 1 Oktober tersebut antara lain, Kecamatan Bulik (Desa Tamiang, Sungai Mentawa, Bunut, Tamiang, Nanga Pamalontian). Kecamatan Bulik Timur (Nanga Kemujan, Batu Tunggal, Sungkup, Nanga Palikodan, Pedongatan, Merambang, Sepondam).

Kecamatan Sematu Jaya (Jangkar Prima, Bina Bhakti, Batu Hambawang, Purwareja, Rimba Jaya). Menthobi Raya (Lubuk Hiju, Bukit Makmur, Melata, Nanuah, Topalan). Kecamatan Lamandau (Desa Sekoban, Cuhai, Samu Jaya. Kecamatan Delang (Penyombaan, Landau Kantu, Nyalang, Kubung, Riam Tinggi, Sepoyu, Lopus, Hulu Jojabo). Kecamatan Batangkawa (Mengkalang, Liku, Kina, Batu Tambun, Karang Mas, Ginih). Untuk kecamatan Belantikan Raya hanya satu yakni desa Sungai Buluh. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru