Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasukan Kuning akan Dilebur di Dinas Lingkungan Hidup

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 06 Oktober 2016 - 14:04 WIB

BORNEONEW, Pangkalan Bun -- Pasukan kuning yang saat ini berada di bawah naungan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kotawaringin Barat (Kobar) bakal diambil alih kewenangannya oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang menjadi Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kobar.

Perubahan pembentukan  Badan Lingkungan Hidup (BLH) menjadi Dinas Lingkungan Hidup   berdasarkan PP Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah. Pelimpahan kewenangan pasukan kuning merupakan bagian dari rencana penataan kelembagaan di daerah.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kobar, Fahrizal Fitri berdasarkan penilaian tipologi beban kerja, Dinas LH  Kobar termasuk tipe besar dengan jumlah empat bidang dan setiap bidang terdiri dari tiga seksi.

Lanjut dia, dalam pembentukan Dinas LH ada penambahan kewenangan urusan yaitu Kebersihan, pembinaan masyarakat hukum adat dan sebagian urusan kehutanan di Kabupaten seperti Taman Hutan Rakyat (HTR) dan kemungkinan urusan pertamanan.

" Pelaksanaan pelimpahan urusan ini dilaksanakan terhitung 1 Januari 2017 dan pasukan Kuning merupakan bagian dari urusan kebersihan yang kewenangannya ada di Dinas LH," kata Fahrizal Fitri, Rabu (5/10/2016).

Ia juga mengatakan pada masa transisi nanti pihaknya akan melakukan koordinasi secara intensif dengan Dinas PU agar pada saat pengalihan bisa berjalan mulus dan tupoksi tetap berjalan lancar.

" Penyesuaian selama peralihan akan kita minimalisir dengan selalu melakukan komunikasi agar tugas kebersihan tetap lancar dan kendala menyangkut penyesuaian suasana lingkungan kerja dan manajemen," kata dia.

Fahrizal berharap sistem kebersihan yang sudah jalan tetap dilakukan sambil dilakukan evaluasi untuk peningkatan pelayanan terhadap petugas kebersihan dan Dinas LH akan berkomitmen untuk meningkatan keamanan dan keselamatan kerja karena petugas tersebut bekerja di jalan yg banyak kendaraan yg lewat

" Terhadap petugas pengangkut sampah akan kita tingkatkan pengetahuan dan alat untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja," pungkas dia. (KK/*)

Berita Terbaru