Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kobar Siagakan 200 Personel Amankan FKN X 2016

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 07 Oktober 2016 - 08:17 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat menyiapkan sekitar 200 personel untuk mengamankan Festival Keraton Nusantara (FKN) X Tahun 2016.

Kapolres Kotawaringin Barat AKPB Pria Premos menuturkan, pengamanan FKN X 2016 akan dilakukan dan dibagi menjadi beberapa tahapan. Tak hanya oleh kepolisian saja, namun juga melibatkan unsur TNI dan instansi terkait lainnya. Pola desain pengamanan FKN ini secara teknis akan disesuaikan dengan konsep kegiatan yang digelar.

Termasuk disesuaikan dengan tamu undangan yang hadir. Pasalnya tidak menutup kemungkinan, akan ada sejumlah pejabat teras yang juga akan hadir. Sehingga perlu disesuaikan dengan protokol pengamanan. "Jadi tiap kegiatan nantinya pasti akan ada pengamanan," kata AKBP Pria Premos, Kamis (6/10/2016).

Kapolres mengatakan, dalam penyelenggaraan FKN X ini, Polres Kobar akan mengerahkan sekitar 200 personel untuk pengamanan. Operasi pengamanan FKN, lanjut Pria Premos, akan diterapkan sejak seluruh tamu undangan FKN X mulai berdatangan ke Kobar, hingga para raja dan atau sultan beserta masing-masing kontingen keraton, serta tamu VIP tersebut pulang. "Tidak ada (BKO Polres lain). Personel yang dilibatkan sekitar 200 personel," katanya.

Pria Premos mengaku sejauh ini belum dimintai untuk melakukan pengamanan eksklusif, terhadap para tamu undangan penting, maupun pengamanan saat para tamu undangan ingin melakukan perjalanan wisata pasca FKN. Namun, demi suksesnya penyelenggaraan FKN X Tahun 2016, Kapolres mengimbau agar seluruh stake holder dan warga Kobar umumnya, dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Mari sukseskan FKN X Tahun 2016 ini. Dengan jaga Kamtibmas dan santun dalam berlalu lintas," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya. FKN X Tahun 2016 di Kobar ini akan menjadi momen festival budaya yang belum tentu akan kembali digelar di Kobar puluhan tahun mendatang. Sebab, FKN ini merupakan kegiatan budaya keraton nusantara yang digelar tiap dua tahun sekali, dengan jumlah keraton yang tergabung dalam Forum Komunikasi Informasi Keraton se-Nusantara (FKIKN) mencapai 60 keraton. (RADEN ARYO/m)

Berita Terbaru